You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Ngerumpi Pendataan SDGs

Administrator 01 Juni 2021 Dibaca 329 Kali

Pendataan SDGs menjadikan saya punya beberapa pengalaman hidup. Banyak masyarakat yang mengira pendataan untuk menerima bantuan. Hal itu juga saya alami. 

Di beberapa masyarakat yang saya datangi, saya pernah mengunjungi rumah warga yang bisa dibilang sangat berkecukupan. Memiliki usaha ternak burung puyu, rumah pun sudah berlantai keramikn. Namun untuk makan sehari-hari keluarga ini sangat apa adanya. Bahkan untuk bisa membeli makanan bergizi ataupun lauk mereka sangat mampu tapi memilih tidak melakukannya.  Namun ada juga sepasang lansia yang cerita kalau untuk kebutuhan sehari-harinya mereka disuplai anak 6 juta setiap bulan. Saya sempat kaget, lah bagaimana bisa anaknya seorang buruh pabrik yang gajinya UMR. Saya hanya diam dan iyain saja. Mungkin maksudnya 600 ribu kali yak.

Cerita dalam mengupload data, saya harus pergi ke belakang rumah, duduk lama di dekat kamar mandi.  Bukanya apa-apa,rumahku memang jarang sinyal. Hanya tempat-tempat tertentu saja yang ada sinyalnya. Sering saya melakukan upload data pada malam hari, dekat kamar mandi belakang rumah. Meskipun dekat kamar mandi, kalau sampai larut saya sering berbekal kopi dan cemilan.;)

Penulis: Kemiyati

Editor: save

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image