You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Sebuah Biografi: Babinsa Sertu Sugito Dimana-mana Ada

Administrator 01 Juni 2021 Dibaca 543 Kali
Sebuah Biografi: Babinsa Sertu Sugito Dimana-mana Ada

Siapa yang mengira, Babinsa yang telah 6 tahun mengabdikan dirinya di Kalurahan ini adalah teman sebangku dari ibu Akhid Nuryati ketua DPRD Kulon Progo. Beliau adalah Sertu Sugito. Laki-laki  kelahiran Kulon progo 12 Mei 1969.  Namun begitu, Pak Gito, demikian beliau biasa dipanggil,  telah purna tugasnya sebagai seorang TNI  yang mengabdikan diri melalui Babinsa per 1 Juni 2021. 

Laki-laki yang merupakan suami dari ibu Sukinah dan ayah dari 3 orang anak ini tinggal di  RT 36/17 Gunung Pentul Karangsari Pengasih. Sertu Sugito pernah mengenyam pendidikan dasar di SDN Karangsari 2. Melanjutkan sekolah menengah pertama di SMPN 1 Wates dan Sekolah Menengah Atas di SMAN 2 wates. Di masa SMA inilah Seru Sugito berteman dengan Ibu Akhid Nuryati.  “Dulu saya teman sebangku dengan bu Akhid kelas 2 dan 3. Kami mengambil jurusan IPS dan lulus tahun  87/88,” cerita Sertu Gito kepada penulis.

Sejak tahun 2002 Sertu Gito telah ditugaskan di Koramil Kokap. Itulah mengapa beliau merasa Hargorejo merupakan rumah keduanya. Pertama ditugaskan di Koramil Kokap Sertu Gito menjadi babinsa di Kalurahan Hargormulyo, Hargotirto dan Hargowilis.  Hingga di akhir masa jabatannya Sertu Gito dipercaya mengabdikan diri di Hargorejo. Sebelum menjadi Babinsa, atau di masa awal ketugasannya sebagai seorang tentara, Sertu Gito diberikan tugas menjaga keamananan Objek Vital Ibukota selama 12 tahun di Jakarta dengan bergabung  Bataylon kavaleri  IX Penyerbu Brigiv I PAM Ibu kota. 

Menjadi tentara selama 32 tahun sejak 1989 tentu sudah banyak pengalaman yang beliau hadapi hingga diakhir tugas negaranya bertahun-tahun  menjadi seorang Babinsa. Babinsa adalah unsur pelaksanaan Koramil yang bertugas melaksanakan pembinaan teritorial (BINTER) di wilayah pedesaan/kelurahan.

Dalam wawancara, Sertu Sugito berulang mengatakan "Menjadi Babinsa adalah tugas negara. Dimana TNI adalah dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Itulah sebuah kebanggan bagi saya bisa menghabisskan masa pengabdian saya menjadi seorang babinsa dengan  kembali ke rakyat pengabdian ke masyarakat”.

“Saya termotivasi bersama membangun bangsa di level yang paling rendah yaitu Kalurahan.  Dengan jalur babinsa, pengabdian, kecintaan sebagi rakyat nyata saya lakukan dan rasakan”

Di akhir percakapan Sertu Sugito berharap apa yang sudah dilakukan di masyarakat seperti memotivasi pemanfaatan lahan kosong terus dilaksanakan. Kepeduliannya pada lahan kosong memang terlihat dengan seringnya beliau mengikuti kegiatan KWT. Mengajak masyarakat memanfaatkan lahan dengan menanam tanaman produktif bisa buah-buahan maupun tanaman lokal sebagai bentuk swasembada pangan adalah aktifitas kegemarannya.   

Namun begitu, meskipun purna tugas Sertu Sugito masih ingin mengabdikan dirinya ke masyarakat.  Sejak 1 Juni 2021 ini,Serma Sugiantoro resmi menggantikan Sertu Sugito sebagai Babinsa Hargorejo. Serma Sugiantoro tinggal di Salamrejo Sentolo, merupakan anggota  Koramil Kokap yang sebelumnya juga merupakan Babinsa Kalurahan Hargowilis Kokap.

Penulis: Kemiyati

Editor: save

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image