You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Mengenal Desa Prima (4)

Administrator 06 Oktober 2021 Dibaca 373 Kali

Setengah tahun berjalan dari Forum desa prima dibentuk, kegiatan yang telah dilakukan adalah melakukan pertemuan rutin. Dengan membuat rencana program membantu marketing anggota Desa Prima. Forum Desa Prima tingkat Kabupaten Kulon  Progo membuka tokomart Demaya yang ada di Temon sekitar 2 kilometer dari Bandara NYIA. Tokomart Demaya  mensuply bahan produksi untuk anggota Desa Prima serta menerima hasil usaha dari kelompok ataupun anggota. Namun begitu masih perlu banyak dukungan, motivasi dan arahan dari pihak terkait dengan perkembangan dan keberadaan Toko Mart Demaya ini.   Walaupun begitu, beberapa hal lain yang terkait dengan peningkatan kapasitas  SDM Anggota telah dilakukan oleh pendamping dengan membuat beberapa pelatihan seperti olahan makanan dari ayam, tempe tabor,  trasi vegetarian,  batik ekoprint, abon jamur, dan pengemasan (packing).

Peningkatan SDM anggota melalui study banding banyak memberikan pengetahuan dan pelajaran bagi anggota Desa Prima. Khususnya pada pelajaran bagaimana Desa Prima bisa lebih maju dan berkembang sehingga tujuan untuk bisa memberikan kehidupan yang lebih baik pada anggota dan menjadikan  perempuan lebih produktif,  berdaya guna bisa tercapai.  Keinginan untuk belajar dari meniru kelompok lain yang lebih maju membuat Desa Prima Hargorejo berfikir terkait pentingnya sebuah galeri, bangunan toko, toko online ataupun showroom yang mampu memadahi semua produk UMKM di Kalurahan Hargorejo. Dengan  manajeman  pemasaran yang baik, SDM manusia yang bagus. Perempuan Hargorejo bisa turut serta membangun negaranya melalui keluarga.  Di sisi lain, Desa Prima sanggup menjadi bagian dari upaya pencapaian pembangunan berkelanjutan (SDGs Desa) dari 8 tipologi dengan difokuskan pada tipologi Desa ramah perempuan.

Penulis: Kemiyati Wirono

(SN’e)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image