You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Pohon Serai, dari Akar Hingga Daunnya Penuh Manfaat

Administrator 08 Juni 2020 Dibaca 5.250 Kali

Serai, nama yang belakangan ini mulai tenar karena khasiatnya untuk meningkatkan imun tubuh yang diramu dengan jahe dan jenis rempah lainnya. Serai atau sereh ( Cymbopogon Citratus) adalah tumbuhan anggota suku rumput-rumputan yang biasa dimanfaatkan sebagai bumbu dapur untuk mengharumkan masakan. Tanaman ini merupakan tanaman asli Asia Tropis yang sebagian besar bagian India dan Sri Lanka.

Tanaman serai merupakan tanaman yang mengandung banyak manfaat bagi kesehatan, mulai dari akar hingga daunnya. Akar tanaman serai dapat diolah seperti teh untuk mengobati rasa masuk angin, menghangatkan tubuh, meredakan tenggorokan dan perut kembung. Cara meramunya :
* Potong dan cuci bersih akar serai, rebus dalam 3 gelas air
*Tunggu hingga airnya menyusut menjadi 1 gelas, matikan api dan biarkan dingin.
*Saring akar serai ,tuang ke dalam wadah, diminum pada pagi dan malam hari sebelum tidur.

Batang serai juga bermanfaat untuk ramuan anti depresi, menurunkan kadar gula darah, menjaga tingkat kolesterol, meredakan flu dan menjaga kesehatan mulut. Selain itu, batang serai juga bermanfaat sebagai pengusir nyamuk. Caranya yaitu dengan mengiris-iris batang serai lalu disimpan di dalam kamar atau dibalurkan pada bagian tubuh yang ingin dilindungi.

Daun sereh sendiri bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, dqn untuk mengurangi resiko kanker. Cara pengolahannya yaitu dengan mengiris tipis-tipis daun serai lalu dicampurkan ke dalam makanan yang kita makan.

Ternyata, dari akar hingga daunnya daun serai sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Jadi, jangan lupa menyisakan ruang dalam pekarangan rumah untuk menanam tanaman yang satu ini. Salam sehat dengan herbal! (Afa)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image