You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Senthir Lenga Patra

Administrator 22 Juni 2020 Dibaca 1.755 Kali

Zaman sekarang sudah banyak berbagai merk lampu yang dapat kita beli sesuai kebutuhan sehingga kita tak perlu lagi takut akan gelap. Bahkan ketika listrik padam, sudah ada lampu emergency yang akan tetap menyala sekalipun listrik padam. Hal itu menunjukkan bahwa teknologi sudah berkembang sedemikian pesatnya.

Dulu, ketika desa belum tersentuh listrik, nenek moyang kita menggunakan senthir atau disebut juga dian sebagai sumber penerangan. Senthir dalam bahasa Indonesia berarti lampu, sedangkan kata lenga berarti minyak, dan kata patra adalah kata yang digunakan orang Jawa untuk menyebut minyak tanah, berasal dari kata petroleum, yang mana oleh orang Solo sering disebut "lenga pet". Dengan demikian, yang disebut sebagai senthir lenga patra adalah lampu yang berbahan bakar minyak tanah.

Ada sebuah parikan(pantun jawa) yang tertera dalam sebuah bait tembang jawa : "senthir lenga patra, sing dipikir ora rumangsa" ( senthir minyak tanah, yang dipikir tidak merasa). Bahkan parikan tersebut juga dikutip dalam sebuah lagu campursari yang dinyanyikan oleh penyanyi Didi Prasetyo, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Didi Kempot. Hal ini mengajarkan kita tentang bagaimana senthir itu menerangi sekitarnya, meskipun dengan cahaya yang remang, keberadaannya sangat dibutuhkan ketika kegelapan melanda. Kita harus tetap berusaha untuk menerangi sekitar kita, bahkan ketika orang-orang di sekitar kita tidak menyadari keberadaan kita. Karna sejatinya, dia yang berkarya dalam senyap akan menjadi penerang tanpa tanda jasa. (Afa)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image