You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi KALURAHAN HARGOREJO

Kap KOKAP, Kab. KULON PROGO, Prov. DI Yogyakarta

Sudahkah Kita Dewasa (Part 2)


Hargorejo, Selasa (12/5/2020) Kapan seseorang dewasa? Kita kembali berbicara tentang kedewasaan dari tinjauan psikologis yaaa. Masa dewasa adalah peralihan dari masa remaja. Masa remaja bisa dikatakan adalah proses seseorang untuk mencari jati dirinya. Kita juga pernah mendengar bahwa masa remaja adalah masa proses pencarian jati diri seseorang dengan dia melakukan sesuatu, berbuat atau mencoba banyak hal. (Oiya,bagi orang tua sangat penting lho. Kita mendampingi anak remaja kita dalam proses pencarian jati diri ini)
Nah, masuk masa dewasa fase pertama seseorang akan mengalami yang namanya masa dewasa awal. Masa dewasa awal ini menurut pakar Psikologi Hurlock (1990) dimulai pada usia 18 tahun hingga berakhir di usia 40 tahun. Menurut Santrock (1999),masa dewasa awal itu juga merupakan masa transisi. Baik itu transisi secara fisik, transisi secara intelektual ataupun transisi secara peran social.
Seperti dikatakan juga bahwa masa dewasa awal adalah masa bergesernya pandangan egosentris menjadi sikap empati. Lalu apa tugas masa perkembangan di dewasa awal itu ? Seseorang yang telah masuk di fase pertama yaitu masa dewasa awal, tugas perkembanganya adalah menikah atau membangun suatu keluarga, mengelola rumah tangga, mendidik atau mengasuh anak, memikul tangung jawab sebagai warga negara, membuat hubungan dengan suatu kelompok sosial tertentu, dan melakukan suatu pekerjaan (Havigurst). Sedang menurut Hurlock masa dewasa awal ini masa dimulainya menjalin hubungan intim dengan lawan jenis. (wir)

Bagikan artikel ini: