You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

SERIBU BATU, PESONA LEMBAH KEDUNG LUWENG

Administrator 19 Februari 2020 Dibaca 450 Kali

Hargorejo, Rabu (19/02/2020) Beberapa kali saya ( penulis ) menyusuri salah satu sungai yang melewati kalurahan Hargorejo. Namanya Sungai Nagung. Sungai yang mengalir melewati sebelah barat pasar Kokap. Membelah Padukuhan Tejogan dan juga mengalir diantara padukuhan selo timur dan selo barat. Mungkin sekitar 4 kilometer sungai ini melewati kalurahan itu. Salah satu Kalurahan yang ada di Kapanewon Kokap. Dan saya terhenti pada sebuah area wisata yang dinamakan Pesona Wisata Lembah Kedung Luweng.
Tempat ini ada di antara 2 padukuhan, Selo Timur dan Tejogan. Hampir 2 tahun tempat ini dikelola oleh Pokdarwis Garda menoreh. Pokdarwis yang sedang berproses belajar mengelola sebuah area wisata dengan alam menjadi objeknya. Setelah saya ngobrol dengan pengelola tempat ini, ternyata sudah banyak pihak yang turut memperhatikan tempat ini.
Bukan hanya Dinas Pariwisata DIY, Pemerintah Kalurahan, LPMD ataupun Donatur. Namun masyarakat juga mulai tergerak untuk membangun kesadaran bahwa alam yang dijaga bisa memberikan pundi-pundi tersendiri. Seperti sebuah yel yang saya dengar pagi itu. Bupati Kulon progo Sutedjo menyampaikan “Tanam pohon, tanam rejeki. Banyak pohon banyak rejeki” Menjaga konvervasi alam tidak hanya dengan menanam pohon. Tapi juga menjaga kebersihan, menjaga kebersihan air sungai dari sampah dan limbah. Juga hal positif lain yang terkait dengan menjaga ekosistem dari alam itu sendiri.
Pengelola tempat wisata ini menamainya Kedung Luweng Pesona Seribu Batu saya sepakat dengan hal ini, selain memperlihatkan panorama sungai yang bersih. Pengunjung juga dimanjakan dengan berbagai bebatuan alam yang berserakan namun apik, dan tetap enak dipandang. Tempat ini juga sudah dilengkapi dengan Mushola, MCK dan area parkir. Meski belum begitu luas, Namun setidaknya pengunjung tidak kebingungan ketika akan memarkirkan kendaraannya. Mengingat tempat ini ada di pinggir jalan menuju kota kapanewon. Suatu saat anda bisa berkunjung ketempat ini, untuk berenang, memancing, atau sekedar jalan-jalan (wir)
Dok : Pribadi

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image