You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi KALURAHAN HARGOREJO

Kap KOKAP, Kab. KULON PROGO, Prov. DI Yogyakarta

Planning Proker POKDARWIS GARDA MENOREH


Hargorejo, Senin (10/02/2020) Setelah dibentuk kepengurusan baru dan diterbitkan SK Kepala Desa Hargorejo di akhir Desember 2019 Ando Sugiarto selaku ketua Pokdarwis dibantu sekretaris dan anggota serta didampingi Sri Widada selaku pembina berpacu menyusun program kerja selama masa bhakti 3 tahun yang akan datang. Artinya program ini merupakan langkah kejayang ditata sampai tahun 2022. Pada tahap awal prioritas mendesak Pokdarwis Garda Menoreh adalah konsolidasi pengurus dan menyamakan persepsi dengan pokja di 16 padukuhan agar satu kata dan solid dalam mengemban amanah guna memajukan kepariwisataan di wilayah kalurahan Hargorejo. Perlu adanya regenerasi pengurus dan peningkatan SDM yang unggul terlebih punya jiwa pejuang/relawan sejati karena saat ini belum ada penghargaan atas pengabdian penggerak kepariwisataan di Hargorejo.

Dalam pertemuan 8 Februari 2020 mengambil tempat di angkringan Pesona Lembah Kedung Luweng sambil menikmati sajian minuman rempah merah serta panorama yang mempesona diiringi percikan air sungai kedung luweng membuat suasana rilek pikiran dan energi bisa menyatu sehingga dapat mengerucutkan beberapa kegiatan. ada beberapa hal yang menjadi point penting dalam hal ini di antara adalah :
Menyongsong era baru desa menjadi Kalurahan dimana Lurah sebagai pemangku keistimewaan di tingkat kalurahan maka dipandang perlu memetakan pelestarian dan pemanfaatan cagar budaya dikembangkan untuk kesejahteraan rakyat; Mengembangkan potensi wisata di 16 padukuhan untuk dibuat paket wisata; Mengusulkan ke pemerintah kalurahan terkait masterplan RTRW Hargorejo segera dibuat sebagai acuan rencana pembangunan khususnya bidang kepariwisataan; Membuat konsep daya tarik tambahan di Pesona Lembah Kedung Luweng agar ramai dikunjungi wisatawan; Mengadakan pertemuan rapat pertanggungjawaban pengurus Pokja Kedung Luweng dan pengurus koperasi Alam Berkah Jaya; Dalam mengembangkan potensi wisata akan bekerjasama dengan semua pihak termasuk BUMKAL maupun menggandeng investor; Akan mengadakan komunitas sepeda wisata dan jemparingan di beberapa rintisan obyek wisata.

“Dalam pelaksanaan kegiatan ini Pengurus sangat mengharapkan peran serta BPD dan masyarakat sekitar tentu Pemerintah Hargorejo dalam pengembangan objek wisata ini” ungkap Sri Widada (WIR)
sumber : Sri Widada

Bagikan artikel ini: