You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Kelompok Tani Pamor Sindon Membuat Pupuk Organik

Administrator 10 Februari 2020 Dibaca 344 Kali

Hargorejo, Senin (10/02/2020) Pupuk organik adalah pupuk yang tersusun dari materi makhluk hidup, seperti pelapukan sisa -sisa tanaman, hewan, dan manusia. Pupuk organik dapat berbentuk padat atau cair yang digunakan untuk memperbaiki sifat fisik, kimia, dan biologi tanah. Pupuk organik mengandung banyak bahan organik daripada kadar haranya.Sumber bahan organik dapat berupa kompos, pupuk hijau, pupuk kandang, sisa panen (jerami, brangkasan, tongkol jagung, bagas tebu, dan sabut kelapa), limbah ternak, limbah industri yang menggunakan bahan pertanian, dan limbah kota (sampah).

Pupuk ini yang dibuat oleh kelompok Tani Pamor padukuhan sindon, dengan menggunakan bahan utama pupuk kandang dan tanaman liar dikebun, Edi Minarto selaku ketua kelompok Tani mengajak 15 anggotanya untuk membuatt pupuk organic. Rencananya pupuk ini akan dibuat sendiri untuk memupuk tanaman yang ditanam di tanah yang dikelola kelompok tani ini.

Kelompok Tani menyewa tanah kas desa seluas kurang lebih 5000 m persegi di wilayah Sindon untuk dikelola bersama-sama. Tanaman perkebunan seperti sayuran menjadi andalan dari kelompk tani ini. Selain memiliki kegoatan pertemuan rutin, kelompok tani ini juga kegiatan yang rutin, yaitu di minggu pertama di setiap bulannya. (wir )
Sumber : Ahmad Safrudin

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image