You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Ini Alasan Kenapa Harga Bawang Merah dan Telur Ayam Naik

Administrator 02 Januari 2020 Dibaca 367 Kali

KBR, Warita desa  - Kementerian Pertanian mengklaim harga komoditas pangan stabil hingga akhir tahun ini. Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementan Agung Hendriadi menyampaikan, tidak hanya harga komoditas pangan yang stabil, tapi pasokannya pun terbilang aman hingga Selasa, 31 Desember 2019 ini. Harga maupun pasokan komoditas pangan, katanya, terjaga di seluruh Indonesia.

"Alhamdulillah, sampai dengan hari ini pasokan aman, mencukupi. Tidak ada orang berebut antri membeli makanan. Dan harga pun kami kendalikan. Saya menggunakan angka atau harga dari data BPS (Badan Pusat Statistik) saja. Karena yang melaporkan harga yang formal kan BPS. Tidak ada kenaikan harga yang berarti, bahkan sebagian cenderung tidak naik," ujar Agung Hendriadi di Toko Tani Center, Jakarta Selatan.

Meski begitu, Kepala Badan Ketahanan Pangan Agung Hendriadi mengakui, ada dua komoditas pangan yang mengalami kenaikan harga, yaitu bawang merah dan telur ayam. Tetapi kata Agung, alasan kenaikan harga bawang merah dan telur ayam itu masih masuk akal.

"Kenapa harga bawang merah naik? Karena dua bulan yang lalu, bawang merah pernah jatuh harganya sampai dengan Rp20.000 per kg di pasar. Sekarang kembali ke normal. Normalnya Rp32 ribu, sesuai harga acuan pemerintah yang dikeluarkan Menteri Perdagangan," katanya.

Harga bawang merah Rp32.000 per kg merupakan harga rata-rata di Indonesia. Ia tidak menampik jika ada pasar yang menawarkan bawang merah dengan harga berbeda. Sebab beberapa daerah memiliki berbagai kelas pasar dan rantai pasokan tertentu. Tetapi, menurutnya, pemerintah tetap terus berupaya melakukan pengawasan ketat.

Lain halnya dengan harga telur ayam. Agung Hendriadi memperkirakan, kenaikan harganya dikarenakan ada gangguan pada proses distribusi. Cuaca buruk misalnya, membuat distribusi telur ayam melambat, sehingga itulah yang membuat harganya naik.

Author

Sadida Hafsyah

Editor: Fadli Gaper

Sumber : KBR 

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image