You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

MUSIM PENGHUJAN KWT SRIKANTHIL NGASEMAN LAKUKAN PENANAMAN TOGA

Administrator 17 Januari 2020 Dibaca 336 Kali

Jumat ( 17/01/2020 ) KWT atau yang biasa disebut Kelompok Wanita Tani merupakan sebuah kelompok kegiatan yang beranggotakan perempuan yang terdiri dari 10‐25 orang yang bekerja bersama‐ sama untuk menanam aneka sayuran, atau tanaman yang lain di kebun bersama dan di pekarangan. Biasa juga KWT ini melakukan kegiatan pengolahana makanan ataupun kegiatan lain yang bergerak dibidang pertanian. Selain aneka sayuran kelompok ini juga menanam toga dan semua kegiatannya berada dibawah Dinas Pertanian dan Kehutanan atau dinas terkait.
Hasil dari kegiatan pertanian ini biasanya dijual ke pedagang atau dikosumsi sendiri; sedangkan pendapatan dari penjualan dikelola oleh masing‐masing kelompok. Ada bagian pendapatan yang dibagikan di antara anggota kelompok dan ada yang dikelola kembali ke dalam kegiatan kelompok.
Untuk Kelompok Wanita Tani Srikanthil sendiri melakukan kegiatan penanaman toga ini untuk membudidayakan tanaman-tanaman yang berkhasiat obat dalam rangka memenuhi kebutuhan obat-obat sederhana untuk keluarga, Selain juga tanaman obat keluarga (TOGA) sangat luar biasa karena pada dasarnya ini adalah budidaya tanaman yang berkandungan baik sehingga bisa dibudidayakan dan dijadikan sebagai obat. Tujuan dari adanya TOGA ini adalah untuk memenuhi kebutuhan keluarga terhadap segala macam obat-obatan dengan memanfaatkan tanaman sebagai obat alternatif. Ada satu atau lebih bagian tanaman obat keluarga yang bisa dimanfaatkan, mulai dari rimpang atau umbinya, akar, biji, buah, batang dan daun (bagian yang paling sering dipakai untuk obat. (WIR)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image