You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Padepokan Bela Diri Betako (tangan kosong) "Merpati Putih" Nyekar di Makam Mbulu Pedukuhan Ngulakan

Administrator 28 September 2019 Dibaca 507 Kali

Hargorejo news, 28/9/2019. Pagi ini Sabtu, 28 September 2019 dilaksanakan Tradisi Nyekar Guru Besar dan Sang Guru Merpati Putih di Makam Mbulu yang terletak di Pedukuhan Ngulakan. Sebelum masuk ke makam diawali dengan upacara yang diikuti oleh Bapak Mardiyoto dari Dinas Kebudayaan Kabupaten Kulon Progo, Bapak Sukarma Kasi Kemasyarakatan Desa Hargorejo, tokoh masyarakat di Pedukuhan Ngulakan dan dari Padepokan Bela Diri Betako (tangan kosong) "Merpati Putih" berkisar 500 peserta yang berasal dari nusantara maupun luar negeri.

Makam Mbulu merupakan salah satu potensi cagar budaya di Pedukuhan Ngulakan yang merupakan petilasan guru besar dan sang guru dari Padepokan Bela Diri Betako (tangan kosong) "Merpati Putih" yang berasal dari Pedukuhan Ngulakan. Padepokan Bela Diri Betako (tangan kosong) "Merpati Putih" sudah merambah ke 46 negara 180 cabang" ujar Pak mantan Kepala Desa Hargorejo Bp. Bhekti Murdayanto yang juga merupakan tokoh masyarakat Pedukuhan Ngulakan.

Tradisi ini dilaksanakan setiap tahun pada bulan Suro, pada prosesi nyekar selain dilaksanakan doa bersama juga dilangsungkan pemantapan atau peningkatan tingkat sabuk. Setelah dari Makam Mbulu rombongan melanjutkan perjalanan ke Parangkusumo. (red-car)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image