You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Peresmian Desa Hargorejo sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

Administrator 27 Agustus 2019 Dibaca 346 Kali

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kabupaten Kulonprogo menetapkan Desa Hargorejo, Kecamatan Kokap, Kulonprogo, sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan 2019.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kulonprogo Sofia Nur Hidayati memaparkan dipilihnya Hargorejo sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan karena seluruh perangkat desanya telah terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan empat program, yaitu kecelakaan kerja, kematian, hari tua dan pensiun.

Selain perangkat desa, sejumlah warga yang bekerja sebagai tenaga pendidik, petani rempah sampai penderes juga masuk di dalam daftar peserta. Saat ini, sebanyak 269 pekerja warga Hargorejo telah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan secara mandiri.

“Diharapkan warga yang belum terdaftar karena belum paham pentingnya jaminan sosial bisa segera tergugah hatinya untuk menjadi peserta,” kata Sofia di sela-sela acara peresmian Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan 2019 di Lapangan Desa Hargorejo, Kecamatan Kokap, Sabtu (24/8).

Sebelum Hargorejo, desa lain di Kulonprogo yang telah ditetapkan menjadi Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan yaitu Desa Banjararum, Kecamatan Kalibawang. Penetapan itu dilakukan pada tahun lalu. Setelah ditetapkan, Desa Hargorejo bakal mewakili Kulonprogo dalam lomba Desa Sadar Jaminan Sosial ketenagakerjaan tingkat nasional pada November mendatang.

Kepala Desa Hargorejo Adi Purnomo mengatakan jaminan sosial ketenagakerjaan memang dibutuhkan bagi warga desanya sebab mayoritas warga bekerja di bidang pekerjaan yang penuh risiko, salah satunya yakni penderes kelapa.

Pekerjaan ini memiliki risiko yang cukup tinggi karena rawan jatuh dari pohon kelapa. Tak jarang, kecelakaan kerja itu bisa mengakibatkan si penderes lumpuh sehingga tak bisa bekerja lagi. “Karena itu, program ini sangat diperlukan agar bagi pekerja yang mengalami kecelakaan kerja yang fatal, dapat dibantu keuangannya,” kata Kepala Desa Hargorejo.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image