You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

MALAM NATAL PEMERINTAH DESA, KARANG TARUNA SEMAR NGASEM, KEPOLISIAN, DAN HANSIP AMANKAN MISA

Administrator 25 Desember 2019 Dibaca 4.208 Kali

 

Rabu (25/12/2019) Hargorejo, memahami arti toleransi (tolerance)?. Toleransi adalah sikap saling menghargai dan menghormati antar individu atau kelompok di dalam masyarakat meskipun terdapat perbedaan di dalamnya, baik itu perbedaan pendapat, pandangan, agama, ras, budaya, dan perbedaan lainnya.

Disisi lain toleransi adalah kemampuan atau kemauan seseorang untuk bersikap sabar dan menahan diri terhadap sesuatu, khususnya terhadap keberadaan opini atau perilaku orang lain yang mungkin tidak disetujui.

Dan secara etimologis, istilah “toleransi” berasal dari bahasa Latin “Tolerare” yang artinya menahan diri, sabar, atau membiarkan sesuatu yang terjadi.

Toleransi begitu lekat di masyarakat desa Hargorejo. Dalam rangka peringatan Natal yang dilaksanakan oleh masyarakat desa Hargorejo yang beragama Kristen atau Katolik. Pemerintah Desa menggelar pengamanan Natal dengan melibatkan Aparat Pemerintah, seperti Dukuh. Namun juga Linmas dan Karang Taruna.

Seperti yang terjadi di Gereja Santo Yusuf Ngaseman Hargorejo. Dimana Hansip, Petugas Kepulisian, Dukuh dan Karang Taruna Semar Ngasem menggelar pengamanan malam Natal. Dengan mengamankan misa Natal umat Katolik di Gereja tersebut yang dilaksanakan jam 19.00 WIB sampai dengan jam 21.00 WIB semalam.

"Hal ini kami lakukan dalam bentuk wujud toleransi kami kepada umat Kristen ataupun Katolik di Hargorejo ini agar bisa menjalankan ibadah dengan aman" kata Puji Fatmawati Dukuh Ngaseman. (WIR)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image