You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Gerakan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di Krengseng

Administrator 21 Oktober 2019 Dibaca 355 Kali


Minggu  (20/10/2019) Tokoh masyarakat pedukuhan Krengseng dan kader kesehatan menerima sosialisasi terkait dengan STBM. Sosialisasi ini dilakukan oelh Puskesmas Kokap 1. Dalam kesempatan itutampa hadir Petugas Puskesmas Bekti Astuti dan Isna yang merupakan petugas Promosi Kesehatan. Acara ini dimuali pukul 19.30 dan hampir jam 22.00 WIB baru selesai. Acara tersebut dilaksanakan di Gedung Paud Krengseng.
STBM adalah Sanitasi Total Berbasis Masyarakat. Dimana dalam STBM dilaukan pendekatan untuk mengubah perilaku higienis dan saniter melalui pemberdayaan masyarakat dengan cara pemicuan. Dalam kegiatan ini juga melakukan praktek pembuatan SPAL ( Saluran Pembuangan Air Limbah ). Pembuatan SPAL yang sedrhana menggunakan ember yang berisi kerikil, ijuk, arang yang telah disusun, beserta pipa. Dalam penyampaian sosialisasinya Bekti Astuti juga menyampaikan pentingnya kesadaran masyarak dalam pengelolaan sampah. Harapannya dengan kegiatan ini masyarakat dapat melaksanakan 5 pilar STBM yaitu masyarakat yang telah mencapai kondisi sanitasi total yaitu dengan Stop Buang Air Besar Sembarangan (Stop BABS), Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), Pengelolaan Air Minum di Rumah Tangga (PAM RT). Pengelolaan sampah rumah tangga, dan Pengelolaan limbah cair rumah tangga.
Acara ini diakhiri dengan pembuatan komitmen yang ditanda tangani bersama, bahwa masyarakat akan melakukan STMB dan mensosialisasikannya dengan masyarakat yang lain (WIR)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image