You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan HARGOREJO
Kalurahan HARGOREJO

Kap. KOKAP, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

PEMERINTAH KALURAHAN HARGOREJO

Seni Mengolah Limbah Plastik Perempuan Penggung

Administrator 18 Oktober 2019 Dibaca 398 Kali

Jumat (18/10/2019) Jangan terlalu mudah membuang sampah. Apalagi sampah plastic. Hal inilah yang coba disadarkan oleh peermpuan-perempuan Pedukuhan Penggung Desa Hargorejo Kecamatan Kokap. Hampir sekitar 10 orang yang tergabung dalam kader kesehatan dusun penggung mengolah sampah plastic menjadi ekobrik. Ecobrick atau ekobrik, adalah bata yang ramah lingkungan. Ekobrik ini hanya menjadi salah satu dari sekian banyak cara mendaur ulang sampah plastik.
Tidak seperti bata yang pemanfaatannya terbatas, ekobrik bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Dari mulai mebel, piala, dan bahkan karena sifatnya yang kuat dan padat bisa dimanfaatkan untuk membuat dinding. Tergantung dari kreatifitas masing-masing pribadi. Ecobrick berasal dari kata ecology yang berarti ekologi dan brick yang berarti bata atau bisa disebut juga dengan bata ramah lingkungan.
Sebagai nahan pengetahuan Ide ini pembuatannya dicetuskan oleh pasangan suami istri Russell Maier, pria asal Kanada dan Ani Himawati perempuan asal indonesia yang memiliki rasa kepedulian sangat tinggi terhadap sejumlah negara berkembang, di Asia Tenggara khususnya, dalam menghadapi permasalahan sampah plastik. Ecobrick ini terbuat dari botol plastik yang diisi dengan sampah plastik hingga padat.
Cara pembuatan ecobrick itu sendiri memang tidaklah bisa dilakukan dalam waktu yang relatif cepat walau terlihat sederhana: sebab, pembuat harus menyiapkam botol plastik ukuran 600 ml diisi sekitar 250 gram sampah plastik atau sama dengan 2500 lembar plastik bungkus mie instan. Dalam pembuatannya tentu sangat dibutuhkan ketelatenan. (WIR)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image