You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi KALURAHAN HARGOREJO

Kap KOKAP, Kab. KULON PROGO, Prov. DI Yogyakarta

Cara Bedakan Buah Berfomalin


Akhir-akhir ini beredar isu buah buahan berfomalin padahal masih ada lho pedagang jujur yuk simak apa sih ciri-ciri buah berfoamalin yuk kita simak 

1. Permukaan bagian kulit terlihat kencang dan segar meski telah berbulan-bulan dipanen maupun dipajang di supermarket, lapak/kios/pasar, namun apabila hendak dipegang buahnya terasa keras.
Umumnya buah yang diberi formalin adalah jeruk, anggur, dan apel.


2. Sementara untuk formalin pada buah yang dijual secara bertangkai, dapat ditemukan misalnya lengkeng dan anggur, dapat lebih mudah dikenali. Jika tangkainya sudah tampak layu, sementara buahnya masih sangat segar dengan bau menyengat yang bukan bau buah, kemungkinan mengandung zat kimia berbahaya.
3.  Penyuntikan menggunakan zat pewarna dapat ditemukan pada buah yang biasanya meninggalkan bekas lubang kecil agak dalam.
 Bekas suntikan zat pewarna berada di bagian ujung yang berada di tangkai buahnya.
Zat pewarna tekstil, biasanya warna buah menjadi lebih terang dan meninggalkan bekas di mulut yang diberikan pada buah pir, mangga, belimbing, pisang, jeruk dan semangka.


4. Kandungan lilin pada buah dapat dilihat dengan tekstur permukaan yang mengkilat, cukup dengan mengerik menggunakan pisau maka serbuk-serbuk putih akan berjatuhan. Serbuk juga dapat dipastikan melekat pada buah apabila terbakar meleleh ataupun kulit buah menjadi basah seperti minyak.
Isi daging buah dilapisi lilin biasanya sudah tidak segar. (CND)

Bagikan artikel ini: