You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi KALURAHAN HARGOREJO

Kap KOKAP, Kab. KULON PROGO, Prov. DI Yogyakarta

BKR Penggung Mulai Menggeliat


Jumat (18/09/2019) Sekarang ini banyak sekali muncul ke permukaan tentang permasalahan remaja. Baik dalam sisi tumbuh kembang, informasi pengetahuan yang dibutuhkan remaja, sek education, kenakalan remaja, napza, pernikahan dini dan lain sebagainya. Kampung KB Hargorejo dalam gerakannya di bantu oleh sub PPKBD dan didampingi PKB Kecamatan Kokap dalam tahun ini membuat kelompok-kelompok TRIBINA di 16 pedukuhan yang tersebar di Desa hargorejo. Salah satunya adalah pedukuhan Penggung.
Kamis, 17 Oktober 2019 dihadiri hampir 55 orang atau keluarga yang memiliki anak remaja mereka membentuk Bina Keluarga Remaja. Dan terpilih dalam hal ini sebagai ketua ibu Sri Subekti. Hal ini juga dalam rangka merespon permasalahan remaja yang ada di penggung , Didampingi oleh PKB kecamatan Kokap Samsudin menyampaikan “ Dalam BKR BKKBN mengembangkan Program GenRe. Program GenRe adalah Program yang mengembangkan penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja melalui pemahaman tentang Pendewasaan Usia Perkawinan sehingga mereka mampu melangsungkan jenjang pendidikan secara terencana; berkarir dalam pekerjaan secara terencana; serta menikah dengan penuh perencanaan sesuai siklus kesehatan reproduksi.”

Program GenRe tersebut dilaksanakan melalui pendekatan langsung kepada remaja serta orang tua yang memiliki remaja. Pendekatan kepada remaja dilaksanakan melalui Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK Remaja) sedangkan pendekatan kepada orang tua yang memiliki remaja dilaksanakan melalui pengembangan Kelompok Bina Keluarga Remaja (BKR).
Dari sisi pengembangan kelompok BKR, dinilai penting untuk mengaktifkan kelompok ini, karena para orang tua yang tergabung dalam kelompok BKR dapat berdiskusi tentang teknik berkomunikasi dan cara mendampingi anak remaja mereka. (wir)

Bagikan artikel ini: